Terakreditasi C dengan SK BAN-PT No: 401/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014

Visi:
“Menjadi program studi vokasi unggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, serta penerapan ilmu pertanian khususnya Tanaman Pangan Dan Hortikultura berbasis pertanian terapan di wilayah Flores pada tahun 2020”

Misi:

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan berupa pengiriman tenaga dosen untuk studi lanjut sesuai basic Program Studi melakukan revisi kurikulum.
  2. Melakukan penelitian yang berkualitas berupa penelitian terapan yang mendukung proses pendidikan dan memecahkan permasalahan di bidang pertanian khususnya di bidang tanaman pangan dan hortikultura.
  3. Menyelenggarakan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dan stakeholder di bidang pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura secara efisien dan relevan yang didukung oleh dosen berkualitas dan memiliki komitmen tinggi terhadap ilmu pertanian khususnya Tanaman Pangan dan Hortikultura.
  4. Melasanakan kerjasama dengan perguruan Tinggi dan instansi pemerintah maupun swasta dan lembaga lainnya untuk pengembangan Program Studi Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Tujuan:

  1. Menghasilkan Ahli Madya yang unggul di bidang pertanian khususnya Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta mampu mengenal, menelaah dan memecahkan masalah di bidang pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura.
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang tanaman pangan dan hortikultura
  3. Bersifat produktif dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Tanaman Pangan Dan Hortikultura.
  4. Memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengetahuan profesi yang memadai bagi peningkatan taraf kehidupan masyarakat.

Sasaran:
Sasaran dan strategi pencapaian mengacu pada Rencana Strategi Program Studi Tanaman Pangan dan Hortikultura yaitu sebagai berikut:

  • Dosen: Pada tahun 2020, tercapainya peningkatan kualitas tenaga pengajar yaitu sebanyak 100 {f65f3e272d26461f1afa5e08abb8ca2079a2bfd1b6f8d91533ab8092ce553a02} dosen memiliki jenjang studi S-2, mempertahankan beban SKS dosen yang ada, memiliki kepangkatan akademik asisten ahli dan memiliki fokus kompetensi sesuai disiplin ilmu, pengusulam ke pihak Institusi untuk mengangkat tenaga dosen MK ilmu dasar, pengusulan ke pihak Institut untuk mengangkat tenaga honor yang sudah ada dan menyekolahkan ke jenjang S1 untuk menjadi tenaga laboran, teknisi dan pustakawan.
  • Mahasiswa Dan Lulusan: pada tahun 2020 seratus persen mahasiswa mencapai indeks prestasi kumulatif rata-rata 3,50 dan 100{f65f3e272d26461f1afa5e08abb8ca2079a2bfd1b6f8d91533ab8092ce553a02} mahasiswa menyelesaikan studi D3 dalam waktu 3 Tahun serta waktu tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan sesuai latar belakang keilmuannya 3 bulan, selain itu sasaran yang akan dicapai memberikan pendidikan profesi dan ketrampilan dalam budidaya jenis tanaman pangan dan hortikultura serta pengolahan hasil pertanian.
  • Karyawan: Pada tahun 2020, Program Studi memilih karyawan non edukatif yang komit pada pelayanan kepada stakeholder, memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan, memiliki komitmen terhadap unit bisnis di bidang agribisnis.
  • Sumber Daya: Pada tahun 2020, terwujudnya ketersediaan sarana dan prasarana perkuliahan dan praktikum yang memadai yang mendukung keberlanjutan program studi Tanaman Pangan dan Hortikultura, tingkat penggunaan sarana prasarana yang tinggi, peningkatan sarana akademik dan non akademik yang mendukung pengembangan Sumber Daya Lokal serta seluruh pelayanan didasarkan pada Standar Operating Prosedure (SOP) dan Standar Pelayanan Minimum, pengoptimalan peran serta dosen melalui pengasuhan praktikum mata kuliah, revisi kurikulum yang benar-benar memperhatikan perkembanagan kebutuhan stake holder lokal, penyusunan, revisi dan sosialisasi GBPP dan SAP semua mata kuliah, pelibatan tenaga dari luar instansi Politeknik St. Wilhelmus Flores untuk membimbing Praktek Lapang Mahasiswa sesuai dengan bidang keahlian, dosen diharuskan membuat dan merevisi bahan ajar secara periodik, pengoptimalan peran dosen PA untuk memotivasi pengembangan diri mahasiswa, perbaikan silabus, SAP dan GBPP semua mata kuliah, peningkatan kegiatan praktikum lapangan secara langsung.
  • Kerja Sama dan kemitraan: Pada tahun 2020, Prog Studi Tanaman pangan dan Hortikultura menjalin kerja sama dan kemitraan dengan alumni dan berbagai stakeholder baik dalam maupun luar Negeri, penjalinan kerjasama pelaksanaan kegiatan kuliah tamu dan Praktek Lapang mahasiswa.

Angket Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kegiatan Akademik Kemahasiswaan

Program Studi

Akuntansi

Terakreditasi B dengan SK BAN-PT No: 059/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/II/2015

Nutrisi dan Makanan Ternak

Terakreditasi C dengan SK BAN-PT No: 273/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VIII/2014

Manajemen Pertanian Lahan Kering

Terakreditasi C dengan SK BAN-PT No: 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014

Tanaman Pangan dan Hortikultura

Terakreditasi C dengan SK BAN-PT No: 401/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014